3 Jenis Pintu Besi yang Mirip Tapi Tak Sama – Pintu Harmonika, Folding Gate dan Rolling Door

pintu harmonika dpp

Setiap bangunan pasti memiliki perbedaan desain dan peruntukannya, seperti bangunan rumah untuk pribadi, bangunan rumah berbentuk ruko sebagai tempat usaha sekaligus bisa untuk tempat tinggal, hingga bangunan kantor untuk tempat berusaha.

Dilihat dari peruntukannya, tentunya desain dan model yang akan dibuat pastinya berbeda dan menyesuaikan dengan tujuan fungsi dan kegunaanya, sehingga secara tidak langsung desain material dan konstruksinya pun harus mengikutinya. Salah satunya adalah material pintu yang akan digunakan.

Pintu merupakan bagian dari konstruksi sebuah bangun, terdapat dua jenis bahan pintu yang digunakan dalam konstruksi bangunan , yaitu pintu kaya dan pintu besi dan baja. Berbicara pintu besi dan baja, seringkali banyak orang yang salah menyebutkan 3 jenis pintu besi dan baja ini yaitu pintu harmonika, folding gate dan rolling door.

Secara penampakan memang ketiga jenis pintu tersebut memiliki penampakan yang hampir sama dan mirip, namun kenyataannya ketiga jenis pintu itu berbeda mulai dari karakteristiknya, harganya, hingga kualitasnya.

Agar Anda atau siapapun yang tidak tahu dengan perbedaan ketiga jenis pintu besi dan baja ini, penulis akan memberikan informasi mengenai perbedaan tiga jenis pintu diatas, berikut ulasannya.

3 Jenis Pintu Besi dan Baja

  1. Folding Gate

Yang pertama Folding Gate, pintu yang juga disebut pintu lipat ini terdiri dari beberapa daun pintu yang cara pembukaan nya dengan membuka lipatan pintu secara satu persatu dan kemudian menumpuknya dengan bentuk seperti lipatan hingga menempel atau menyatu di tepi dinding.

  1. Pintu Harmonika

Bisa dibilang jenis pintu harmonika ini sangat mirip dengan pintu folding gate, namun Anda bisa membedakannya dari cara kepraktisan dan kemudahan saat membuka pintu ini, yaitu daun pintu hanya tinggal di dorong sampai ke tepi dinding dan pintu akan melipat secara otomatis.

Selain kemudahan dalam pengoperasiannya, pintu harmonika memiliki lebar daun pintu yang tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan ruang yang banyak. Dan pintu harmonika dilengkapi dengan kerangka besi di belakang pintunya agar pintu ini semakin kuat dan kokoh.

Karena kualitas dan pengerjaan pintu harmonika cukup rumit, membuat jenis pintu ini memiliki harga yang paling mahal dari kedua jenis kedua jenis pintu besi dan baja.

Untuk harganya sendir biasanya juga disesuaikan dengan merk si pintu, seperti pintu harmonika dpp misalnya, merk pintu harmonika dpp adalah salah satu pintu harmonika yang berkualitas namun memiliki harga yang bersahabat.

  1. Rolling Door

Yang terakhir adalah jenis rolling door, jenis yang juga banyak digunakan pada ruko – ruko atau toko karena harganya yang lebih ekonomis.

Pintu rolling door terbuat dari lembaran alumunium yang tahan karat dan cukup elastis karena penggunaan pintu jenis ini cukup mudah, saat membuka cukup mengakat daun pintu dari bawah ke atas dan daun pintu akan menggulung ke atas dengan sendirinya.

Namun yang menjadi kekurang dari jenis pintu yang satu ini mudah rusak dan mudah penyok jika terbentuk dengan benda tumpul sehingga juga kurang aman.

Itulah perbedaan dari tiga jenis besi pintu dan baja, semoga dengan artikel ini Anda tidak akan lagi ketukar dengan folding gate dan pintu harmonika dpp atau dengan roling door.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*