Mengenal Jenis Genset Berdasarkan Mesin Penggeraknya

Genset, juga dikenal sebagai Generato Set adalah kombinasi dari generator listrik dan mesin yang dipasang bersama untuk membentuk satu kesatuan peralatan yang menghasilkan daya listrik.

Dalam generator, yang disebut sebagai alternator, memiliki fungsi mekanis yang menggerakan mesin dan menghasilkan tenaga listrik.

Perangkat genset ini sendiri digunakan untuk memasok daya darurat ketika terjadi pemadaman listrik.

Genset juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan daya listrik dan mengurangi pembiayaan dalam pembayaran listrik pada perusahaan jika terjadi pembekan biaya.

Terdapat dua jenis generator set yang bisa Anda jumpai di tempat jual genset di Surabaya misalnya yaitu :

Generator Listrik

Generator listrik adalah perangkat yang mengubah energi mekanik dari sumber eksternal menjadi energi listrik.

Penting untuk dipahami bahwa generator tidak benar-benar “menciptakan” energi listrik, tetapi menggunakan penggerak utama untuk memaksa pergerakan muatan listrik di kawat belitan melalui sirkuit.

Dengan demikian, arus listrik yang dipasok oleh generator sebenarnya adalah aliran muatan listrik.

Generator bekerja menggunakan proses induksi elektromagnetik. Pergerakan kawat menciptakan perbedaan tegangan antara kedua ujung kawat, menyebabkan muatan listrik mengalir dan menghasilkan arus.

Komponen interior generator, termasuk stator dan rotor, bekerja dalam kombinasi untuk menghasilkan listrik dengan menghasilkan gerakan antara medan magnet dan listrik.

Stator adalah komponen stasioner yang berisi sekumpulan kabel yang dililitkan di gulungan di sekitar inti besi. Rotor atau angker, yang terhubung ke poros engkol keluaran mesin, menghasilkan medan magnet yang berputar.

Rotor menghasilkan medan magnet yang bergerak di sekitar stator, yang menginduksi perbedaan antara belitan stator.

Tegangan output spesifik generator dapat diproduksi dengan memvariasikan pola lilitan. Ini menghasilkan arus bolak-balik (AC).

Genset Diesel

Kombinasi mesin diesel, generator listrik, dan berbagai komponen lainnya seperti sistem eksitasi, sistem kontrol, bahan bakar, dan rumahan disebut sebagai genset diesel.

Komponen-komponen ini bekerja bersama untuk menghasilkan arus listrik AC. Mesin menghasilkan energi mekanik yang diubah menjadi energi listrik oleh generator.

Bergantung pada ukuran komponen, generator diesel dapat menghasilkan mulai dari 8 kW untuk aplikasi rumah hingga 2000 kW untuk kompleks industri.

Ada banyak alasan mengapa genset diesel umumnya dipilih untuk pembangkit listrik. Bahan bakar diesel lebih aman untuk disimpan karena tidak mudah menyala seperti bensin, gas alam, atau propana.

Bahan bakar diesel sulit untuk dinyalakan dengan sengaja pada tekanan atmosfer dan hampir mustahil untuk dinyalakan secara tidak sengaja.

Mesin diesel biasanya membakar sekitar 30-50% lebih sedikit bahan bakar daripada mesin bensin pada basis per kW. Mesin diesel yang beroperasi pada 1800 RPM beroperasi rata-rata selama 12.000 hingga 30.000 jam sebelum pemeliharaan utama diperlukan.

Itulah dua jenis genset yang bisa Anda jumpai di toko jual genset di Surabaya. Bagi Anda warga Surabaya yang saat ini sedang mencari info tentang genset semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*