Memahami Jenis Motor Pompa Kolam Renang

Di dunia kolam, ada beberapa jenis motor yang digunakan pada pompa kolam. Mengetahui jenis motor yang tepat adalah penting jika Anda ingin memperbaiki atau mengganti motor yang gagal atau bermasalah.

Mari kita lihat jenis pompa kolam renang berikut ini.

Jenis Motor Kolam Renang

1. Variable Speed Motors

Motor pompa jensi ini adalah jenis baru, dan pompa ini benar-benar berbeda dari pompa biasa, tidak hanya dalam fungsi tetapi juga desain. Mereka dirancang untuk mengoperasikan beberapa kecepatan yang berbeda (kecepatan variabel), untuk mengurangi penggunaan energi dan untuk melakukan tugas yang berbeda (filter dan pembersih).  

 2. Capacitor Start – Run Capacitor

Jenis motor pompa kolam ini memiliki punuk besar di bagian atas, memiliki kapasitor run yang besar yang bertindak sebagai baterai untuk membantu menjalankan motor pompa.

Desain ini meningkatkan efisiensi, atau mengurangi draw amp. Kapasitor sekunder digunakan di bagian belakang motor untuk membantu start motor, untuk mengurangi energi yang dibutuhkan untuk membawa motor hingga kecepatan penuh (3450 rpm).

3. Permanent Split Capacitor

Desain ini, yang biasa digunakan pada motor Century, sering disebut sebagai motor tanpa-saklar, karena tidak memiliki sakelar sentrifugal yang khas yang dirangkai ke bagian belakang poros motor. Motor PSC menggunakan kapasitor run yang dipasang di bagian atas untuk menjalankan operasi, tetapi ditransfer secara permanen ke sumber daya. Desain memiliki torsi awal yang lebih sedikit dan menggunakan lebih banyak energi daripada desain kapasitor.

4. Capacitor Start

Ini adalah jenis motor pompa kolam inground yang sangat umum digunakan pada banyak pompa kolam renang. Menampung kapasitor start (tipe silinder hitam) di bagian belakang motor, torsi awal lebih tinggi, dan arus awal lebih rendah dari jenis motor lain dengan ukuran yang sama. 

5. Split Phase

Split Phase juga disebut motor induksi fase terpisah, desain ini memiliki sakelar start switch and a start winding, tetapi tidak memiliki kapasitor. Setelah motor mencapai kecepatan operasi desain, sakelar sentrifugal terbuka, memutuskan lilitan startup dari sumber daya. Motor kemudian beroperasi hanya pada belitan utama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*