Pilih Lampu Kolam Renang LED, Halogen atau Fiber Optic? Berikut Ulasannya!

lampu kolam renang

Satu-satunya cara untuk benar-benar memanfaatkan area kolam renang dan sekitarnya, baik di siang hari dan di malam hari, adalah dengan memasang lampu – lampu kolam renang yang dapat memberikan efek menenangkan di sekitarnya.

Dalam memilih sebuah pencahayaan pada lampu kolam renang, bisa dipastikan semua pemilik kolam akan dihadapkan untuk memilih antara lampu halogen, fiber optik atau lampu LED. Agar Anda tidak bingung untuk pilih yang mana, berikut ulasannya untuk setiap jenis pilihan.

Lampu Kolam Renang Halogen

Lampu halogen dulu merupakan lampu kolam yang paling populer, tetapi seiring perkembangan zaman, kini kepoulerannya mulai. Untuk jenis lampu halogen ini dapat dipasang di atas tanah dan kolam atau inground.

Kelemahan terbesar dari lampu halogen adalah efisiensinya. Mereka tidak hemat energi dan lampu LED dikatakan menggunakan sekitar 80% lebih sedikit energi daripada lampu halogen. Selain itu, Anda akan memiliki pilihan terbatas dalam hal warna untuk jenis lampu halogen ini.

Lampu Kolam Renang LED

Lampu LED adalah pilihan pencahayaan paling populer saat ini. Mereka bersinar terang, memiliki banyak warna, tahan lama dan mungkin yang paling penting, mereka hemat energi. Seperti yang saya katakan di atas, mereka menggunakan energi sekitar 80% lebih sedikit daripada lampu kolam lainnya.

Jika dibandingkan dengan lampu serat optik, lampu kolam LED jauh lebih murah dan menurut para kontraktor kolam renang , lampu ini bisa bertahan antara tujuh hingga 15 tahun.

Lampu Kolam Renang Fiber Optic

Jika Anda ingin menggunakan lampu kolam  renang yang dapat mengatur suasana hati atau meningkatkan pengalaman berenang Anda, lampu fiber optic bisa menjadi pilihan. Lampu serat optik atau fiber optic memiliki beragam warna dan dapat dengan mudah dipasang di bawah air, di sekitar kolam renang Anda, atau di dalam air terjun pancuran pada kolam.

Kelebihan dari lampu serat optik adalah kesederhanaan dalam menggantinya. Lampu jenis sering ditempatkan di atas kolam dalam kotak kering. Untuk proses penggatiannya yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak dan mengganti bohlam. Hal ini tentunya jauh lebih cepat daripada mengganti lampu LED.

Berbicara biaya dan daya tahan, jenis LED menang dalam berbagai aspek. Lampu serat optik membutuhkan kipas yang kuat untuk mendinginkan bola lampu. Tentunya hal ini membutuhkan biaya tambahan. Juga, dibandingkan dengan umur 15 tahun lampu LED, lampu serat optik jarang melewati tujuh tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*