Mengenal Kegunaan Kawat Bronjong – Kekurang dan Kelebihannya

Kawat merupakan material yang sering digunakan untuk dunia konstruksi. Salah satunya adalah kawat bronjong. Kawat  bronjong adalah kawat baja atau besi yang dibentuk atau dianyam berbentuk kotak atau segi enam.

Jenis kawat yang digunakan untuk membuat bronjong atau gabion adalah baja yang sudah dilapisi oleh galvanis. Material kawat yang sudah dilapisi oleh galvanis  tahan terhadap air dan anti karat. Karena kekuatan kawat baja ini cukup kuat, maka untuk membentuk atau menganyam membutuhkan tenaga mesin.  Kawat bronjong  ini  nantinya diisi dengan batuan sehingga kuat menahan beban.

Kegunaan Kawat Bronjong

Kegunaan kawat bronjong salah satunya adalah mampu melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Kawat bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan  atau waduk untuk meningkatkan volume air sungai.

Kegunaan Kawat Bronjong Pada Konstruksi atau Interior di Rumah

Kawat  bronjong yang biasa dikenal sebagai pencegah longsor dan erosi, saat  ini kehadiran kawat bronjong mampu dimanfaatkan sebagai dekorasi pada bagian bangunan. Kawat  Bronjong bisa dimodifikasi atau custom sesuai keinginan. Misalnya mengganti warna batu atau memilih batu yang berbentuk unik. Beberapa fungsi kawat bronjong sebagai penambah keindahan konstruksi rumah diantaranya adalah pagar atau dinding untuk rumah, pot bunga, pondasi meja dan juga kursi.

Keunggulan Kawat Bronjong

Bronjong memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  • Lebih fleksibel sehingga bisa mengikuti pergerakan tanah yang ada di bawahnya tanpa harus merusak konstruksi dasar.
  • Tumpukan batu-batu di dalam kawat bronjong ini mampu menahan air yang mengalir di sela-sela  bebatuan sehingga tekanan pada tanah mampu berkurang dan mengurangi resiko tanah longsor. Khususnya untuk bangunan yang di sekitar tebing.
  • Harga jual kawat bronjong jauh relatif murah  dibandingkan dengan penahan yang terbuat dari beton.
  • Tidak mudah menyusut, karena ketahanan yang sudah terbukti lebih baik dari pada kawat seng

Kekurangan Kawat Bronjong

Kekurangan kawat bronjong adalah jika menggunakan kawat yang berbahan baja berlapis galvanis, maka tidak cocok digunakan pada area yang memiliki air dengan kadar garam tinggi atau kadar asam tinggi seperti pantai atau tepi laut.

Harga jual kawat bronjong yang lumayan mahal. Tapi sesuai dengan kualitasnya. Material yang terbuat dari baja, berbeda dengan kawat lainnya yang terbuat dari alumunium atau seng.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*